Apa Itu TikTok Lite Dan Apa Bedanya Dengan TikTok Versi Biasa?

Ingin bekerja di TikTok, tetapi spesifikasi ponsel Anda biasa-biasa saja? tenang! Anda dapat mengunduh TikTok Lite dari Google Play Store.

Mengembangkan dan merilis versi lite atau versi lite dari sebuah aplikasi bukan lagi hal baru, terutama dalam persaingan antar jejaring sosial. Misalnya, Facebook, LinkedIn, dan Twitter semuanya memiliki versi lite dari aplikasi bernama Lite frill.

TikTok Lite sendiri sebenarnya bukan aplikasi baru. Aplikasi ini dirilis setelah Agustus 2018 atau dua tahun setelah rilis pertama TikTok.

Lantas, apa perbedaan TikTok Lite dengan TikTok versi standar? Seberapa “ringan” aplikasi versi ringan ini?

Tik Tok Light Vs. Tik tok

Aplikasi versi lite, TikTok Lite, dapat dengan mudah dipasang di ponsel dengan kapasitas memori rendah. Di Play Store, TikTok Lite berukuran 21 MB, yang jauh lebih kecil dari TikTok biasa 76 MB.

Saat diluncurkan, diunduh, dan diinstal di Tekno, TikTok Lite memakan ruang 182MB, hampir setengah ukuran TikTok biasa, yang memakan hingga 300MB di media penyimpanan seluler. Jadi, apa yang ByteDance potong untuk membuat versi ringan TikTok?

Perbedaan antara TikTok Lite dan TikTok standar

Perbedaan pertama antara TikTok Lite dan TikTok versi standar adalah ikonnya yang langsung terlihat dari luar. Ikon TikTok Lite memiliki ikon petir di kiri atas, tetapi ikon TikTok standar tidak. Namun, perbedaan ikon saja tidak memengaruhi memori, apalagi pengalaman menggunakan aplikasi itu sendiri.

Melihat setiap aplikasi, antarmuka kedua aplikasi terlihat serupa pada pandangan pertama. Saat Anda membuka TikTok dan TikTok Lite, Anda akan melihat video dan 5 tab di bagian bawah layar. Kelima tab tersebut adalah Beranda, Penelusuran, Unggah, Kotak Masuk, dan Profil.

Baca Juga  Mobile Legends: Bang Bang, Pengisi Suara Jepang Yoshino Nanjo, Kapan Dia Akan Muncul?

Beberapa bagian TikTok umum yang tidak dimiliki TikTok Lite saat dijalankan di Nextren termasuk fungsionalitas daftar hitam, kesehatan digital, foto langsung, dompet, interaksi, dan duo. Tentu saja, karena saya penggemar kontennya, perubahan ini tidak terlalu mengesankan.

BACA JUGA: Ini Kumpulan Lagu TikTok Viral Seru untuk Dance Challengemu.

Kesamaan antara TikTok Lite dan TikTok biasa

Kedua aplikasi juga memiliki fitur For You dengan kumpulan video yang direkomendasikan. Geser ke atas atau ke bawah untuk melihat setiap video, suka, dan komentar.

Cara membuat video di TikTok Lite dan TikTok biasa sama. Cukup ketuk ikon plus di bagian bawah layar untuk merekam video pendek sebelum mengunggahnya, menambahkan efek, stiker, musik, dan lainnya.

Butuh beberapa waktu bagi saya untuk memahami perbedaan konten antara kedua aplikasi ini. Alih-alih membuat perbedaan drastis, ByteDance memilih beberapa pengaturan dan opsi fitur dari versi reguler TikTok.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Mengunduh Video TikTok

Sekilas untuk TikTok

Berkat popularitasnya, TikTok bukan lagi nama yang asing. Bahkan jika Anda belum pernah mengunduh dan membuka aplikasi, Anda mungkin pernah melihat iklan di YouTube atau Instagram atau video pendek TikTok setidaknya sekali, bukan?

Menurut laporan Hootsuite Digital 2021, per Agustus 2020, TikTok telah diunduh 2 miliar kali di seluruh dunia. Pada Januari 2021, TikTok sudah memiliki 689 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Angka ini menempatkan TikTok di peringkat 7 jejaring sosial dengan pengguna terbanyak.

Dengan menggunakan aplikasi TikTok Lite, yang diperkenalkan oleh pendiri ByteDance Jangmin Jang, sekarang memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

Sudahkah Anda mencoba aplikasi ringan ini? Apakah Anda ingin menggunakan TikTok Lite atau TikTok biasa?

Baca Juga  Banyaknya Hastag #TantanganPalingAdem, Cara Unik Netizen Untuk Stay Cool Di Rumah

Baca Juga: