Qualcomm Akan Segera Mengumumkan Chipset Snapdragon Terbarunya

HAWAII, – Pemasok chipset asal AS, Qualcomm bersiap meluncurkan System-on-Chip (SOC) terbarunya. Chipset tersebut akan dipamerkan di “Snapdragon Summit” tahunan di Hawaii, AS.

Qualcomm mengumumkan melalui akun Instagram resminya bahwa acara tersebut akan digelar pada 15-16 November waktu AS atau 16-17 November waktu Indonesia. Di atas Snapdragon pada umumnya, Qualcomm menawarkan chipset high-end yang juga disebut sebagai flagship.

Qualcomm juga membagikan undangan Snapdragon Summit 2022 kepada staf media. Wartawan KompasTekno berkesempatan menyiarkan acara tersebut secara langsung dari Hawaii.

Akun Instagram @Snapdragon_ID menulis: “Bersiaplah untuk gelombang inovasi teknologi berikutnya. Bergabunglah dalam siaran langsung Snapdragon Summit di Hawaii pada 16-17 November pukul 06:00 WIB dan bersiaplah untuk menjadi yang pertama terkagum-kagum dengan inovasi di dalam Snapdragon. ” .

Postingan yang dibagikan oleh Snapdragon Indonesia (@snapdragon_id)

Pada Snapdragon Summit 2021, Qualcomm memamerkan Snapdragon 8 Gen 1. Namun, chipset yang akan dipamerkan di Snapdragon Summit 2022 adalah Snapdragon 8 Gen 2.

Namun Menurut fokusbanyumas.id Qualcomm sendiri belum membeberkan nama dari chipset terbaru ini. Nama Snapdragon 8 Gen 2 hanya bocoran.

Mengenai spesifikasi penerus Snapdragon 8 Gen 1, chipset ini disebut akan membawa beberapa peningkatan. Salah satunya adalah konfigurasi CPU octa-core baru yang menggunakan kombinasi inti CPU 1+2+2+3, bukan kombinasi inti CPU 1+3+4 seperti model sebelumnya.

CPU terdiri dari satu CPU Cortex-X3, dua Cortex-A720, dua Cortex-A710 dan tiga CPU Cortex A510.

Menurut kabar yang beredar, CPU Cortex-X3 dan Cortex-A720 akan mendapatkan peningkatan kinerja 30% dibandingkan CPU Cortex-X1 dan Cortex-A78 di Snapdragon 8 Gen 1.

Sedangkan untuk GPU, penerus Snapdragon 8 Gen 1 ini ditenagai oleh GPU Adreno 740 yang merupakan upgrade dari Adreno 730 dibanding Snapdragon 8 Gen 1.

Baca Juga  Pemerintah Menyetujui RUU Cipta Karya Provinsi Papua Barat Daya Untuk Dibahas Lebih Lanjut

Meskipun beberapa perbaikan, chipset terbaru Qualcomm, seperti pendahulunya, masih dikatakan dibuat pada proses manufaktur 4 nanometer (nm). Namun spesifikasi di atas hanyalah bocoran saja. Spesifikasi asli yang lebih rinci hanya tersedia dari 16 hingga 17 November.