Tren \’penyembuhan\’ Masyarakat Indonesia Naik 17% Pasca Pandemi COVID-19

Menyambut Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh pada 27 September 2022, Google Indonesia bersama Ticket.com dan Hotel Santika menggelar diskusi online untuk membahas keprihatinan dan tujuan pengembangan pariwisata dan pariwisata di Indonesia pascapandemi Covid-19. dibahas. .

Dalam diskusi ini, Analis Google Indonesia yang diwakili oleh Vanya Anindyar mengungkap konsep perjalanan baru yang disebut healing.

Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata penyembuhan berarti pemulihan. Tapi anak-anak sekarang mengasosiasikan kata penyembuhan dengan liburan.

Menurut Vania, selain kata penyembuhan, kata staycation dan workcation juga menjadi trending di pencarian Google terkait perjalanan.

Vanya juga mengatakan, tahun ini minat masyarakat Indonesia terhadap kesembuhan meningkat 17% dibandingkan tahun lalu, dan shelter juga meningkat sekitar 21%.

“Sekitar 68% pengguna Google di Indonesia lebih fokus mencari destinasi wisata sebagai tempat liburan favorit mereka,” kata Vanya.

Vania juga memperkenalkan alat baru yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menemukan tujuan liburan favorit mereka.

“Kami juga memperkenalkan alat bernama Destinsight.withgoogle.com yang memungkinkan masyarakat Indonesia melihat tempat perawatan favorit mereka,” kata Vanya.

Vanya kemudian menambahkan, alat itu bisa melihat berapa banyak turis asing yang berkunjung ke Indonesia pascapandemi COVID-19.

Di sisi lain, Gaery Undarsa, salah satu pendiri dan direktur pemasaran ticket.com, mengatakan tren wisata Indonesia telah meningkat selama beberapa waktu.

Jerry menyebutkan, pemesanan tiket akomodasi seperti hotel dan tiket pesawat melalui ticket.com sangat diminati masyarakat Indonesia.

“Ada tren penyembuhan baru saat ini, terutama untuk Gen Z,” kata Jerry.

Agustino Fernando, General Manager Santika Hotels & Resorts Indonesia, juga mengatakan kunjungan wisatawan lokal mulai meningkat belakangan ini.

Bahkan, pemesanan kamar hotel juga meningkat signifikan pada hari besar keagamaan dan akhir pekan.

Agostino mengatakan, “Kami telah bekerja sama dengan ticket.com untuk memudahkan wisatawan menemukan akomodasi yang mereka inginkan.”

Saya juga berharap industri pariwisata dalam negeri akan tumbuh kembali seiring meredanya situasi COVID-19 tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia.