Di Tahun Baru 2023 Lalu Lintas Internet Meningkat Hingga 50% Karena Akses Media Sosial: Unsyiahpress

Momen perubahan antara tahun 2022 dan 2023 menjadi anugerah tersendiri bagi operator seluler. Pasalnya, saat itu banyak operator seluler yang melaporkan peningkatan trafik internet.

Misalnya, operator XL Axiata menyebutkan bahwa antara 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, periode Natal dan Tahun Baru, trafik rata-rata meningkat 8% dibandingkan normal. Peningkatan lalu lintas terbesar terjadi pada Malam Tahun Baru, saat itu 50% lebih tinggi dari biasanya.

Sedangkan menurut unsyiahpress.id, Indosat Ooredoo Hutchison yang dilengkapi dengan produk IM3 dan Tri mencatatkan peningkatan trafik layanan hingga 16% dibandingkan normal pada 1 Januari 2023.

Demikian pula, Telkomsel mengungkapkan trafik internet meningkat hingga 11,6% selama Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, sedangkan Telkomsel melaporkan total beban mencapai 49,8% selama periode Natal dan Tahun Baru.

Berdasarkan data masing-masing operator, pertumbuhan trafik disebabkan meningkatnya akses layanan berbasis video antara lain streaming dan media sosial.

Untuk pemain XL Axiata, aktivitas broadcasting pengguna didominasi oleh peningkatan trafik, akses file, gaming dan web browsing. Siarannya sendiri meningkat 25% dibandingkan biasanya.

Lalu lintas game meningkat 35% dan penjelajahan web meningkat 30% dari biasanya. Banyak juga pengguna yang mengakses media sosial populer mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram.

Layanan berbagi video dari YouTube hingga TikTok juga mencatatkan peningkatan trafik hingga 22% dibandingkan tahun sebelumnya.

Jangan lupa trafik WhatsApp ke Telegram juga meningkat. Peningkatan lalu lintas Telegram yang signifikan adalah 737%.

Layanan streaming musik seperti Spotify dan Joox juga mengalami peningkatan traffic. Hal yang sama berlaku untuk sisi permainan. Mobile Legends hingga Free Fire ternyata menjadi aspek pengatur lalu lintas dari game tersebut.

Untuk aplikasi streaming video, Disney Plus Hotstar, Vidio, WeTV, dan Amazon Prime Video mencatatkan trafik tinggi selama periode Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga  Berikut Cara Mengetahui Kapan Harus Menggunakan Akun Instagram Anda

Begitu pula dengan trafik layanan navigasi yang meningkat seiring dengan musim libur panjang. Misalnya, kami menggunakan Google Maps, Waze, dan Apple Maps.

Peningkatan trafik data di Indosat Ooredoo Hutchison didorong oleh penggunaan aplikasi berbasis video untuk messaging. Mulai dari WhatsApp, YouTube, Instagram, TikTok, dan Facebook.

Lalu lintas kemudian tumbuh di Telkomsel karena peningkatan akses ke media sosial, layanan pesan dan konferensi video, siaran langsung, dan game seluler. Layanan browsing juga mengalami peningkatan trafik, sedangkan penggunaan e-commerce pelanggan Telkomsel justru menurun, namun dalam jumlah yang lebih kecil.

Demikian pula, aplikasi seperti WhatsApp, TikTok, Facebook, dan Instagram mengalami peningkatan penggunaan. Yang berbeda dari YouTube adalah trafiknya sedikit lebih rendah dari biasanya.