Pakar Keuangan: Memisahkan Uang THR Dari Gaji Untuk Keperluan Liburan

Wartawan , Willy Widianto

, JAKARTA – Banyak orang memilih untuk menginvestasikan dana Tunjangan Hari Raya (THR) daripada memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Faktanya, Bareyn Mochaddin, penasihat keuangan senior di AAM and Associates, mengatakan sebaiknya tidak memikirkan berapa persen uang THR yang dapat diinvestasikan di muka.

Tapi pertama-tama, fokuslah untuk memenuhi semua persyaratan Idul Fitri dan persyaratan tambahan selama Ramadhan.

Pada Senin (4/10/2023), Barin mengatakan, “Bukan berarti bisa menghambur-hamburkan uang untuk kebutuhan lebaran. Ya cukup. Nanti kalau ada sisa bisa diinvestasikan sisa-sisanya.”

Jadi, dalam hal ini, utamakan pengeluaran Anda (mis. Mudik dan butuh liburan seperti THR).

Kedua: Kebutuhan tambahan selama Ramadhan, seperti puasa dan berbuka puasa. Yang ketiga adalah investasi atau kebutuhan lainnya.

Berinvestasi menempati urutan ketiga, menurut Barin, karena berkaitan erat dengan tujuan, durasi, dan profil risiko. Oleh karena itu, yang terbaik bagi mereka yang memiliki lebih dari THR untuk berinvestasi, tergantung pada tujuan, durasi, dan profil risikonya.

“Jangan berinvestasi hanya karena berdasarkan tren, apalagi jika ada teman atau kerabat yang terlibat. Pilih investasi Anda dengan bijak, teliti investasi Anda terlebih dahulu, dan pastikan investasi Anda memiliki izin dari badan terakreditasi seperti OJK atau Bappebti . dan pastikan Anda diawasi.” kata Barin.

Barin menyarankan untuk menggunakan metode “THR PAS”. T berarti ambil dulu dan berikan kembali. Artinya, Anda jangan sampai terlilit utang karena merasa akan mendapat THR. h hanya untuk lebaran. Fokus pada dana THR untuk kebutuhan liburan Anda. Selamat! Manjakan diri Anda dan keluarga dengan menggunakan uang THR selama Ramadan dan Lebaran.

“Kemudian P, pisahkan dari gaji. Pastikan ambil pesta dari THR saja. .

Itu termasuk menginvestasikan uang THR dalam emas, kata Barin. Emas sangat menarik dan sering disebut sebagai surga tabungan.

Baca Juga  9 Furniture Ruang Tamu yang Cocok untuk Semua Gaya Rumah

Emas benar-benar menarik, tetapi Anda harus berhati-hati, jadi Anda harus memikirkan untuk apa Anda akan menggunakannya dan kapan, serta berapa rata-rata kenaikannya setiap waktu, sehingga Anda tidak kehilangan investasi Anda.

Sebagai catatan tambahan, sifat perlindungan nilai (safe haven) emas menjadikan emas pilihan untuk investasi jangka panjang dan menengah.

“Jadi jika Anda tertarik, coba investasikan uang THR Anda ke emas dengan berbagai produk emas,” kata Bareyn.

Diantaranya, produk investasi emas Antam yang praktis yaitu Brankas (Rencana Pengelolaan Emas Aman) LM, karena nasabah tidak perlu khawatir akan keamanan emasnya. Antam Secure LM memberikan kemudahan akses bagi nasabah untuk menginvestasikan dananya dalam bentuk fisik emas.